Jumat, 21 Juli 2017

GERMAS untuk Generasi Emas


Mungkin banyak temen-temen yang bertanya, GERMAS itu apa?, saudaranya Gerbang bukan? Hehe, jadi Germas adalah singkatan untuk Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, yang merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Program GERMAS sendiri diluncurkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia sebagai upaya untuk mengingatkan masyarakat agar tetap menjaga kesehatan. Karena berdasarkan data pada website kemenkes RI penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, Penyakit jantung koroner, kanker dan diabetes justru menduduki peringkat tertinggi pada tahun 2015 mengalahkan penyakit-penyakit menular lainnya. Hal ini, dalam penyampaian dr. Birry Karim, Sp. PD pada acara Temu Blogger Kesehatan di Aston Inn Mataram, Jumat 14 Juli 2017 disebabkan oleh adanya perubahan gaya hidup masyarakat yang salah satunya menyebebkan terjadinya pergeseran pola penyakit (transisi epidemiologi). ”Tentu, meningkatnya PTM ini dapat  menurunkan produktivitas dan kualitas sumber daya manusia” tambah dr. Birry Karim. Oleh karena itulah program GERMAS ini salah satunya dihajatkan untuk terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam rangka menciptakan generasi-generasi emas pengharum bangsa :)

Nah, apa saja kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat?
Yang pertama ada peningkatan aktivitas fisik. Kedua, peningkatan perilaku hidup sehat. Ketiga, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi. Selanjutnya adalah peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit. Lalu, peningkatan kualitas lingkungan dan yang terakhir ada peningkatan edukasi hidup sehat.


Tapi pada periode ini, GERMAS hanya berfokus pada tiga kegiatan. Pertama, melakukan aktivitas fisik, jadi bagi kalian yang suka mager alias malas gerak harus hati-hati ya ;), jangan sampai karena pengen santai akhirnya malah berujung kena rantai penyakit :D. focus kegiatan yag kedua adalah konsumsi buah dan sayur, kuy kita perbanyak makan buah dan sayur, jangan keseringan ngemil gorengan sama mie instan ya gengs. Dan yang terakhir adalah Memeriksa Kesehatan secara berkala, nah ini yang mungkin jarang orang lakukan, termasuk saya sih :D habisnya lumayan berat di dompet :D, tapi mulai sekarang kuy kita berubah menuju kehidupan yang lebih baik melalui GERMAS. 

1 komentar :